Nov 23, 2015

Mengenal 5 Jenis Teks yang Umum Digunakan Dalam Bahasa Inggris

Salah satu materi dasar dalam bahasa inggris yang penting untuk dipelajari adalah mengenai jenis teks. Dalam literasi bahasa inggris dikenal beberapa jenis teks yang mempunyai tujuan serta struktur yang berbeda-beda. Jika ditelusuri kembali sebenarnya ada cukup banyak jenis teks, namun sebagian dari jenis teks tersebut merupakan pengembangan dari jenis teks dasar.
Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai 5 jenis teks dasar yang umum digunakan dalam bahasa inggris. Selain pengertian, akan disajikan pula tentang tujuan komunikatif serta struktur dari 5 jenis teks tersebut. Berikut ulasannya:

Narrative Text

Teks Narrative adalah jenis teks yang berisi kata cerita yang mempunyai alur atau tahapan waktu. Jenis teks ini cukup mudah dikenali karena pada umumnya berbentuk cerita fiksi atau karangan. Tujuan komunikatif teks Narrative adalah sebagai hiburan atau bahan bacaan santai bagi pembacanya.
Struktur Teks:
Stuktur teks Narrative dibagi menjadi 4 yakni Orientation, Complication, Resolution dan Coda
  • Orientation : berisi gambaran umum tentang siapa, dimana, dan kapan cerita tersebut terjadi.
  • Complication : berisi pengenalan masalah atau konflik yang terjadi pada cerita tersebut.
  • Resolution : berisi bagaimana proses dari akhir cerita tersebut. Kita mengenai 2 jenis akhir cerita yakni happy ending (akhir bahagia) atau sad ending (akhir sedih).
  • Coda : berisi petuah atau nilai moril dari cerita tersebut. Pada beberapa teks Narrative, Coda bisa saja tidak muncul. Tergantung pada sang penulis cerita perlu atau tidak memberikan tahapan tersebut.

Descriptive Text

Teks Descriptive adalah jenis teks yang berisi gambaran atau penjelasan tentang sebuah obyek baik itu orang, hewan, tumbuhan, tempat, dan lain lain, agar orang yang membaca dapat membayangkan dengan jelas seperti apa obyek tersebut. Tujuan komunikatif teks Descriptive adalah untuk menyampaikan informasi rinci terkait sebuah obyek.
Struktur Teks:
Stuktur teks Descriptive dibagi menjadi 2 yakni Identification dan Description
  • Identification : berisi pengenalan secara umum yang nantinya akan dijelaskan lebih rinci. Umumnya hanya terdiri dari 1 atau 2 kalimat saja.
  • Description : berisi penjelasan yang lebih rinci mengenai obyek yang dibahas. Penjelasan tersebut diberikan dalam beberapa sub bahasan. Sebagai contoh saat membahas hewan, sub yang dibahas adalah bagaimana bentuknya, warnanya, cara hidupnya, proses berkembangbiaknya dan lain-lain.

Procedure Text

Teks Procedure adalah teks yang berisi langkah-langkah untuk menjalankan sesuatu. Teks Procedure ini umumnya ditemui dalam bentuk resep masakan serta panduan tutorial.  Mengenai Tujuan komunikatifnya adalah untuk memberikan petunjuk rinci agar pembaca bisa melakukan sesuatu yang dibahas dengan lebih mudah.
Stuktur teks Procedure dibagi menjadi 3 yakni Goal/Aim, Materials dan Steps.
  • Goal/Aim : berisi tentang kegiatan terkait obyek yang akan dibahas. Poin ini juga bisa dilihat dari judul teks tersebut. Umumnya di awal dengan kata “How”atau “Steps”.
  • Materials : berisi tentang alat dan/atau bahan yang diperlukan dalam proses nantinya.
  • Steps : berisi langkah-langkah panduan menjalankan sesuatu yang disusun secara rinci dan runtun.

Recount Text

Teks Recount adalah teks yang berisi cerita atau pengalaman masa lalu dari seseorang yang disampaikan sesuai dengan alur dan tahapan waktu. Jenis teks Recount mungkin nampak serupa dengan teks Narrative, nah poin utama yang membedakan kedua adalah jika Narrative kebanyakan berupa cerita karangan, sedangkan Recount berisi kejadian yang benar-benar pernah terjadi dimasa lampau.
Tujuan komunikatif dari teks ini adalah untuk memberikan informasi tentang kejadian di masa lalu yang mungkin penting untuk disampaikan atau hanya untuk menghibur pembaca.
Struktur Teks:
Stuktur teks Recount dibagi menjadi 3 yakni Orientation, Events dan Re-orientation.
  • Orientation : berisi pengenalan umum tentang siapa yang terlibat dalam teks, tempat serta waktu kejadiannya. Poin ini serupa dengan teks narrative.
  • Events : berisi kejadian-kejadian yang di alami oleh sang pelaku dalam teks tersebut. Tiap kejadian disampaikan berdasarkan runutan waktu dan didasarkan ditingkat kepentingan sebuah kejadian.
  • Re-orientation : berisi pesan atau kesan dari sang pelaku selama mengalami kejadian yang diceritakan. Bisa juga ditutup dengan rangkuman kembali secara singkat dari kejadian yang telah disampaikan.

Report Text

Teks Report ialah sebuah teks yang berisi informasi secara umum dari suatu obyek. Yang membedakan jenis teks ini dengan teks Descriptive adalah kedalaman pembahasan obyek. Dalam jenis teks Report, obyek dibahas hanya secara umum dan didasarkan pengamatan sepintas. Berbeda dengan teks Descriptive yang membahas secara dalam dan didasarkan informasi valid. Tujuan komunikatif teks Report adalah menyampaikan sesuatu secara umum kepada pembaca sebagai informasi ringan.
Struktur Teks:
Stuktur teks Report dibagi menjadi 2 yakni General Classification dan Description.
  • General Classification : berisi pengelompokan secara umum informasi yang akan disampaikan dalam teks tersebut. Pada poin ini pembaca sudah bisa mengindentifikasi tema bacaan tersebut tentang apa.
  • Description : berisi penjelasan tentang informasi utama yang dipilah-pilah ke dalam beberapa sub-informasi namun masih tetap disampaikan secara umum.
Nah, berikut tadi merupakan penjelasan mengenai 5 jenis teks yang umum digunakan dalam bahasa inggris. Untuk contohnya akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat dan keep learning guys.

http://belajaringgris.web.id/

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment