Mar 2, 2017

Tugas dan Job Deskripsi HRD

Sering kita mendengar kata ‘HRD’, namun tahukah kita apa itu ‘HRD’ ?? Untuk menambah pengetahuan anda, kali ini kami akan mengulas mengenai HRD. HRD merupakan kepanjangan dari Human Resource Development.
APA ITU HRD?

Human Resource Development atau HRD adalah sebuah divisi/posisi jabatan yang bertanggung jawab secara penuh dalam sumber daya manusia suatu perusahaan mulai dari persiapan perekrutan pegawai baru hingga mengurusi kontrak kerjanya.  Singkatnya HRD adalah pengembangan sumber daya manusia atau jika dalam melamar pastinya sudah tidak asing lagi. Yaa, HRD kadang juga di sebut bagian Personalia yang tugasnya memetakan dan menyaring sumber daya manusia dalam suatu perusahaan. Dapat kita simpulkan bahwa HRD merupakan fungsi kerja dalam suatu perusahaan yang secara garis besar bertugas dalam pengelolaan dan pengambangan sumber daya manusia.

Human Resource Development

Posisi HRD merupakan bagian terpenting dalam perusahaan, karena berkaitan erat dengan sumber daya manusia bagi perusahaan.  Sehingga tak jarang HRD mendapatkan otoritas tinggi dan dominan di manajerial perusahaan dalam mengambil kebijakan untuk karyawannya namun tentu saja hal tersebut sudah menjadi Job Deskripsi HRD.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB HRD
Tugas seorang HRD berhubungan dengan sumber daya manusia, maka seorang HRD harus memahami tugas dan tanggung jawabnya. Berikut ini tugas dan tanggung jawab HRD :

Bertanggung jawab mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia. Dalam hal ini termasuk perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sumber daya manusia dan pengembangan kualitas sumber daya manusia.Membuat sistem HR yang efektif dan efisien, misalnya dengan membuat SOP, job description, training and development system dll.Bertanggung jawab penuh dalam proses rekrutmen karyawan, mulai dari mencari calon karyawan, wawancara hingga seleksi.Melakukan seleksi, promosi, transfering dan demosi pada karyawan yang dianggap perlu.Melakukan kegiatan pembinaan, pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kemampuan, potensi, mental, keterampilan dan pengetahuan karyawan yang sesuai dengan standar perusahaan.Bertangggung jawab pada hal yang berhubungan dengan absensi karyawan, perhitungan gaji, bonus dan tunjangan.Membuat kontrak kerja karyawan serta memperbaharui masa berlakunya kontrak kerja.Melakukan tindakan disipliner pada karyawan yang melanggar peraturan atau kebijakan perusahaan.

KRITERIA SEORANG HRD (HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT)
Untuk menjalankan job desk, seorang HRD harus memenuhi beberapa kriteria berikut ini :

Memiliki jiwa kepemimpianan yang baikMemiliki kemampuan berkomunikasi yang baikDapat menterjemahkan strategi perusahaan dalam bentuk kebijakan HR yang tepat.Dapat mengelola perubahan-perubahan yang terjadi di perusahaan secara efektif.Seorang HRD harus memiliki business knowledge yang baik.Seorang HRD harus memiliki kemampuan dapat mempengaruhi dan memahami orang lain. Memiliki kemampuan khusus, seperti dapat mengoperasikan alat tes psikologi, memahami undang-undang ketenagakerjaan, sistem penggajian dll.Memiliki pengetahuan mengenai prosedur dan proses rekrutmen.

Selain Anda harus bisa melakukan tugas dan tanggung jawab yang disebutkan di atas tentunya Anda juga harus sabar dan bijak dalam menghadapi karyawan dengan berbagai karakter.



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment