Mar 1, 2016

6 Cara Mengembalikan Kebugaran Otak Anda

Banyak cara yang sudah dilakukan untuk menjaga kesehatan organ tubuh. Konsumsi makanan sehat dan olahraga yang cukup menjadi cara yang cukup populer.

Ternyata tidak hanya organ tubuh seperti jantung dan paru-paru saja yang membutuhkan perawatan kesehatan. Otak menjadi salah satu organ tubuh yang maha penting untuk mendapat perawatan. Kelangsungan aktivitas fisik dan psikis tak luput dari aktivitas dan kebugaran otak.

Ketika seseorang mengalami stres atau sel otak yang terganggu akan menimbulkan degradasi kinerja otak. Tentu saja kita semua tidak menginginkan hal itu terjadi bukan ? Enam cara di bawah ini dapat Anda lakukan untuk mengembalikan kebugaran otak agar tetap cemerlang, rileks dan sehat. 

1.Membaca buku untuk kecerdasan otak

Bacaan atau informasi yang terupdate akan menjadi 'makanan lezat' untuk otak Anda. Kerapkali Anda akan mengandalkan buku atau membaca berita sehingga lupa untuk bersapa ria dengan orang di sekitar. 

Padahal semestinya orang berinteraksi dengan orang baru akan menjadikan otak Anda akan menjadi lebih bugar, otak yang sudah digunakan untuk melakukan atau mengerjakan tugas kuliah dan tugas pekerjaan akan mengalami kelelahan. 

Melakukan perbincangan  dengan orang baru akan menjadikan lebih santai dan mudah menerima hal yang baru.

2.Pergi ke tempat baru

Mendatangi tempat–tempat yang baru akan menjadikan stress berkurang, tidak harus pergi ke tempat jauh dan menipiskan dompet kok. Anda bisa berkunjung datang ke taman kota atau rumah saudara dan nikmati saja pemandangan yang ada di sekitar. 

Lupakan sebentar saja mengenal hal pekerjaan dan tugas. Terlalu sibuk memikirkan tugas kuliah dan kerjaan akan menyebabkan depresi, selain itu atmosfer dalam ruangan baru akan menjadikan otak menjadi lebih produktif.

3.Kalimat positif untuk otak yang baik

Segala hal yang Anda lakukan setiap hari akan menjadi kebiasaan untuk aktifitas kerja otak, namun banyak orang yang justru menanam benih yang kurang baik untuk kebiasaan. Misalnya dengan seringnya ada kata ‘tidak’ atau jangan. 

Meskipun sepele namun hal itu menjadikan otak membuat kesimpulan bahwa ia gagal dan ia tidak bisa. Maka tidak ada salanya Anda mengubah kebiasaan untuk otak yang lebih produktif.

4.Meditasi dan berdoa

Olahraga untuk otak yang tetap sehat ada banyak cara, salah satunya kegiatan meditasi. Bisa Anda lakukan semabil sembahyang atau meminta doa yang lainnya. Ternyata hal ini tidak hanya menjadikan Anda dengan sang pencipta namun juga otak akan menjadi lebih tajam. 

Duduklah lalu menghela napas untuk melakukan gerakan. Baca doa atau bayangkan saja spot favorit Anda agar otak menjadi lebih santai.

5.Lingkungan positif untuk kesehatan otak

tidak bisa dihindari bahwa lingkungan sekitar mempengaruhi kesehatan otak Anda. Pilih saja lingkungan yang positif agar lebih kondusif. Untuk kesehatan otak dan tetap kreatif, tidak ada salahnya jika Anda mencoba lingkungan yang positif. 

Tidak menjadi jaminan bahwa lingkungan tidak pernah melakukan kesalahan justru lingkungan memiliki optimis untuk satu hal yang menjadi tujuan utama.

6.Curhat

Banyaknya masalah yang Anda hadapi menjadikan Anda mudah marah dan stres, tidak bisa dipungkiri jika hal tersebut menjadikan otak Anda menjadi tidak sehat. Untuk menjauhinya Anda bisa menyalurkan rasa marah atau kesal Anda dengan curhat kepada teman, saudara atau rekan yang lain. 

Atau Anda bisa melakukannya dengan olahraga sehingga cara tersebut bisa Anda terapkan sebelum pembuluh darah di otak menjadi kencang. 

Ulasan dalam artikel ini semoga membantu Anda menemukan cara tepat untuk meningkatkan kinerja otak serta menjaga kesehatan organ tubuh yang satu ini.

#Source

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment