Apr 16, 2016

Pesan Sejarah Mengerikan Dibalik Logo Starbucks

Sebagai penggemar kopi Starbucks, Anda pasti tahu logo yang ada di cangkir kertas mereka. Tak cuma di cangkir, logo besar mereka bisa dilihat di sudut jalan, perkantoran, dan pusat hiburan.
Starbucks memasang gambar putri duyung yang tengah memegang dua ekornya. Sosok perempuan itu berwujud setengah manusia dan setengah ikan. Mitologi Yunani menyebut logo itu sebagai Siren.
Siren terkenal pandai merayu pelaut yang sedang berlayar di laut dengan lagu menarik yang paling kuat.
Selain mitos tersebut, ternyata simbol Siren memiliki arti yang cukup mengerikan. Siren berarti obsesi, kecanduan dan kematian.
Mengutip laman cracked.com, blog Starbucks menyebut logo Siren dipilih karena perusahaan kala itu mencari tema yang bisa menangkap semangat Seattle. Melongok ke belakang di tahun 1971, Seattle saat itu dikenal karena pelayaran dan pelabuhan dibandingkan pusat musuik rock grubge, hujan, dan hipster.
Dalam mitologi Yunani, Siren secara konsisten diilihat sebagai persinifikasi dari lautan. Dan itu tak selamanya bernama baik.
Mereka digambarkan sebagai sosiopat brutal yang membunuh Anda karena menganggap diri menarik. Menurut para ahli, mereka menyanyikan lagu yang sangat manis sehingga tubuh dan jiwa pendengarnya akan dibawa menuju kematian yang fatal.
Para pelaut yang kebetulan berada dalam jalur Siren akan langsung terobsesi dan tak sadar kapal tengah menuju ke batuan karang dan siap menunggu kematian mereka.
Dalam kehidupan sekarang, banyak orang dengan cara yang sama dengan mudahnya tergoda oleh iming-iming kopi mahal. Membeli cangkir demi cangkir sampai akhirnya menyerah. Tanpa sadar mereka telah menjadi pelanggan setia dan uang habis untuk minum bercangkir-cangkir kopi.

1 comment: