Sep 1, 2016

Beberapa contoh kalimat Simple Past Tense berikut ini saya bagi dalam bentuk positif, negatif dan interrogatif dalam format kalimat verbal dan nominal disertai dengan artinya. Kata kerja yang berwarna biru adalah bentuk kedua/verb 2. Jika berupa was/were maka pasti kalimat tersebut berupa nominal, tapi jika selain was atau were maka pasti kalimat verbal.

A. Positif:

1. Kalimat Verbal:

  1. She crossed over the bridge by motorcycle last night
    (ia menyebrangi jembatan dengan sepeda motor kemarin malam)
  2. I sent you a letter a month ago
    (aku mengirimimu sebuah surat sebulan yang lalu)
  3. They left me alone in the middle of the jungle yesterday
    (mereka meninggalkan aku di tengah hutan kemarin)
  4. Michael Jackson sang in his last concert at 2011
    (Michael Jackson bernyanyi di konser terakhirnya pada tahun 2011).
  5. My mother cooked fried chicken for my birthday party last week
    (Ibuku memasak ayam goring untuk acara ultahku minggu yang lalu)
  6. Jokowi won the president election several months ago
    (Jokowi memenangkan pemilihan president beberapa tahun yang lalu)
  7. I tried to call you yesterday, but no one picked up my phone
    (Aku mencoba menghubungimu kemarin, tapi tidak seorang pun yang mengangkat telphon)
  8. I get a head ache because I worked full time yesterday
    (aku sakit kepala karena aku bekerja penuh waktu kemarin)
  9. I and my family moved to Los Angles last month
    (Aku dan keluargaku pindah ke LA bulan lalu).
  10. I would help you if I had much spare time
    (Aku ingin membantumu seandainya aku punya waktu luang.

2. Kalimat Nominal:

  1. I could not drop in because I was in hurry
    (Aku tidak bisa mampir karena aku sedang terburu-buru).
  2. She was there waiting for me alone
    (dia di sana menungguku sendirian).
  3. My son was curious why I didn’t go home yesterday
    (Anakku penasaran mengapa kemarin aku tidak pulang).
  4. They were one of the best football team at that time
    (Mereka adalah salah satu tim sepak bola terbaik pada waktu itu)
  5. When we were kids, we were always together
    (ketika kita masih kecil, kita selalu bersama-sama).
  6. There was a large field here
    (Dulu di sini adalah lapangan yang luas).
  7. You were in my heart, but not anymore
    (Dulu kamu ada di hatiku, tapi sekarang sudah tidak lagi).
  8. John was so thin, but his body is fat now
    (John dulu kurus, tapi sekarang badannya gemuk).
  9. My smartphone was the fastest loading among others
    (smartphoneku dulu adalah yang paling tercepat loadingnya di antara yang lainnya).
  10. It was me who stood behind you last night
    (Yang berdiri di belakangmu kemarin malam itu adalah aku)

B. Negatif:

1. Kalimat Verbal:

  1. She did not go to school yesterday because since three days ago she has been sick.
    (Dia kemarin tidak masuk sekolah karena sejak 3 hari yang lalu dia sakit.
  2. I did not tell you the truth because I was afraid you would be shocked
    (Aku tidak memberitahumu yang sebenarnya karena aku takut kamu akan shock).
  3. Janet did not attend my weeding party since she is my ex girl friend
    (Janet tidak datang ke pesta pernikahanku karena dia adalah mantan pacarku).
  4. Brian did not give up although Jane refused to marry him
    (Brian tidak menyerah meskipun Jane menolak untuk menikah dengannya).
  5. Many of life’s failures are people who did not realize how close they were to success when they gave up
    (Kebanyakan yang gagal dalam hidup adalah mereka yang tidak sadar seberapa dekat mereka dengan kesuksesan ketika mereka menyerah).
  6. I did not expect this happened
    (Aku tidak berharap ini terjadi).
  7. She did not get what she expected from the seminar hold last week
    (Dia tidak mendapatkan apa yang dia harapkan dari seminar yang digelar minggu lalu).
  8. I wonder why you did not take the scholarship to study abroad
    (Aku heran mengapa kamu tidak mengambil beasiswa untuk belajar ke luar negeri).

2. Kalimat nominal:

  1. She was not happy to hear that you came to her house
    (Dia tidak senang mendengar bahwa kamu datang ke rumahnya).
  2. When you joined this company, I was not a manager yet
    (Ketika kamu gabung di perusahaan ini, aku belum jadi manager waktu itu).
  3. We were not in Liverpool last new year
    (Kami tidak di Liverpool tahun baru yang lalu).
  4. The weather was not good enough to play football
    (Cuacanya tidak cukup bagus untuk bermain bola).
  5. I run not because I was afraid
    (Aku lari bukan karena aku takut).
  6. I would wait for you if I was not in hurry to catch my flight
    (Aku akan menunggumu jika aku tidak sedang terburu-buru mengejar pesawat)
  7. The land would not muddy if yesterday was not rain
    (Tanahnya tidak akan berlumpur jika kemarin tidak hujan.

C. Interogatif:

1. Kalimat Verbal:

  1. Why did you come home so late?
    (Mengapa kamu pulang terlambat sekali?)
  2. Did you tell mother that you would be late?
    (Apakah kamu memberi tahu ibu kalau kamu akan datang terlambat?)
  3. Did you lock the door before leaving?
    (Apakah kamu mengunci rumah sebelum pergi)
  4. Did he deliver the order on time?
    (Apakah dia mengantarkan pesanannya tepat waktu?)
  5. What did you take from my bag?
    (Apa yang kamu ambil dari tasku?)
  6. Did you call me three times last night?
    (Apakah kamu menelphonku tiga kali kemarin malam?)
  7. Where did you put your notebook?
    (Dimana kamu meletakkan notebookmu?)
  8. Did they allow you to join their football club?
    (Apakah mereka mengizinkanmu untuk gabung dengan klub sepak bola mereka?)

2. Kalimat Nominal:

  1. Was I late to come at 10 pm yesterday?
    (Apakah aku terlambat datang pada pukul 10 kemarin?)
  2. Where were you last night? people were looking for you
    (Dimana kamu kemarin malam? orang-orang mencarimu)
  3. Was she angry I took her book without her permission?
    (Apakah dia marah aku mengambil bukunya tanpa seizinnya?)
  4. Were you so hungry that you ate my cast off?
    (Apakah kamu begitu lapar sampai makan sisa makananku?)
  5. Were you so sleepy last night that you left the show before it’s over?
    (Apakah kamu begitu mengantuk hingga kamu meninggalkan pertunjukkan sebelum selesai?)
  6. Why were you here alone last night?
    (Mengapa kamu di sini sendiri kemarin malam?)
  7. Was Henry as cute as now?
    (Apakah Henry semanis sekarang?)
Demikianlah beberapa contoh kalimat simple past tense dalam bentuk verbal dan nominal dan dalam bentuk positif, negatif dan interogatif. Semoga bermanfaat.

Terima kasih.




#Source

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment