Jul 10, 2015

Obat Sakit Pinggang/Urat Kejepit

Obat sakit pinggang memang sudah banyak beredar di pasaran, namun terkadang obat-obat ini tidak ampuh untuk mengatasi rasa nyeri di pinggang Anda. Kalau sudah seperti ini, tak sedikit orang yang akhirnya mencoba berbagai obat, beralih dari obat yang satu ke obat yang lain. Bila belum sembuh, mencoba-coba obat seperti ini akan terus dilakukan. Sementara hal semacam ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan bisa menimbulkan efek samping yang lain.
Lalu mengapa nyeri pinggang kadang sulit sekali diatasi sekalipun telah meminum obat? Bila kita terserang penyakit, apapun jenisnya, hal pertama yang harus diketahui adalah penyebabnya. Dengan demikian kita akan lebih mudah menentukan obat jenis apa yang seharusnya dikonsumsi.
Nah, sebelum mengetahui apa saja obat sakit pinggang, sebaiknya kita telusuri dahulu kenapa pinggang bisa terasa begitu nyeri. Seperti namanya, sakit pinggang berarti merasakan nyeri di bagian pinggang. Namun sakit ini bukan termasuk penyakit dan lebih tepat bila disebut sebagai kelainan.
Mengapa disebut kelainan? Karena memang ada sesuatu yang tidak lazim pada tubuh, khususnya di bagian pinggang, yang akhirnya menimbulkan rasa nyeri. Sakit pinggang bisa disebabkan oleh banyak hal. Jadi obat sakit pinggang pun bisa bermacam-macam.
Rasa nyeri di pinggang bisa disebabkan oleh pengeroposan tulang atau osteoporosis. bisa juga disebabkan oleh patah atau retak tulang. Namun yang paling sering terjadi adalah karena adanya kelainan pada syaraf atau sendi-sendi tulang punggung bawah. Untuk osteoporosis dan patah tulang, Anda tentu sudah bisa membayangkan bagaimana mengobatinya.
Bagaimana dan apa sebenarnya yang dimaksud kelainan syaraf? Anda tentu pernah mendengar istilah 'syaraf terjepit' yang dihubung-hubungkan dengan nyeri punggung bawah atau pinggang. Dalam dunia medis, 'syaraf terjepit' ini disebut Hernia Nucleus Pulposus atau HNP.
Pada tulang pinggung (dari leher sampai ke bagian pinggang), ada begitu banyak ruas tulang yang dipisahkan oleh cakram. Bantalan tulang membantu tulang belakang lebih elastis saat bergerak. Ketika seseorang melakukan aktivitas, tulang punggung ikut menerima beban, dan bagian yang paling besar menerima atau menopang beban adalah tulang bagian pinggang.
Bila bagian ini terus-menerus mendapat beban berlebihan, cakram atau bantalan tulang bisa berubah bentuk. Akibatnya, syaraf-syaraf yang ada di tulang punggung, terutama di bagian pinggang, akan tertekan atau terjepit. Hal inilah yang kemudian menimbulkan rasa nyeri dan disebut low back pain.
Rasa nyeri di tulang inilah yang kemudian menjalar ke bagian pinggang dan membuatnya terasa nyeri. Lalu aktivitas apa saja yang bisa memberatkan dan menyebabkan kelainan pada tulang punggung? Ada cukup banyak hal yang bisa berpengaruh, contohnya posisi tidur yang salah, posisi duduk yang membungkuk terlalu lama, terlalu sering mengangkat benda-benda berat, dan aktivitas-aktivas berat lainnya.
Namun nyeri pinggang juga bisa disebabkan oleh hal lain. Salah satu penyebab sakit pinggang yang juga banyak dijumpai adalah adanya kalainan otot di sekitar pinggang. Biasanya berupa otot yang kaku atau kram. Penyebab nyeri otot pinggang juga umumnya sama seperti penyebab low back pain. Posisi tidur atau duduk yang salah dan melakukan kegiatan berat bisa membuat otot pinggang terasa begitu nyeri.

Terapi Fisik Sebagai Obat Sakit Pinggang

Mengobati nyeri pinggang bisa melalui terapi fisik tanpa penggunaan obat-obatan yang harus dikonsumsi. Pengobatan seperti ini pun bisa bermacam-macam, mulai dari cara tradisional sampai yang modern. Berikut ini akan dijelaskan beberapa terapi yang bisa Anda praktekkan bila terserang nyeri punggung.

  • Korset
Bila nyeri pinggang disebabkan oleh 'syaraf terjepit' seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengembalikan tulang belakang pada posisi yang benar. Salah satu cara untuk menjaga agar punggung bisa tetap lurus atau tegak adalah dengan menggunakan korset. Menggunakan korset akan menjaga punggung Anda tetap lurus serta menjaga kestabilan tulang punggung.
Dengan menjaga posisi punggung seperti ini, diharapkan rasa nyeri pinggang juga bisa dikurangi. Metode pengobatan seperti ini mirip dengan mengatasi patah tulang, yaitu tulang harus 'dikembalikan' ke posisi semula dengan menggunakan gips. Saat ini korset sebagai obat sakit pinggang alternatif sudah bisa didapatkan dengan mudah. Bentuk korset inipun hampir tak ada bedanya dengan korset-korset biasa yang kerap dipakai oleh kaum hawa. Hanya saja korset ini memang didesain khusus untuk terapi pinggang.

  • Operasi
Pada beberapa kasus 'syaraf terjepit' atau HNP, dokter biasanya merekomendasikan untuk melakukan operasi. Langkah ini tentunya diambil ketika rasa sakit pinggang sudah sedemikian parah. Tulang punggung tidak bisa diobati dengan cara biasa.

  • Bekam
Mengatasi nyeri di bagian pinggang juga bisa melalui bekam atau hijamah. Umumnya bekam dilakukan ketika sakit pinggang disebabkan oleh otot-otot yang kaku. Bekam sendiri adalah metode pengobatan dengan cara mengeluarkan atau membuang darah kotor dari dalam tubuh. Sudah cukup banyak orang yang membuktikan khasiat bekam. Selain mencegah datangnya penyakit, otot-otot tubuh akan terasa lebih rileks, termasuk otot bagian pinggang.

  • Akupuntur
Akupuntur bisa menjadi alternatif pilihan sebagai pengobat sakit pinggang. Sama seperti bekam, khasiat akupuntur sudah diakui oleh banyak orang. Metode pengobatan ini adalah dengan menusukkan jarum pada titik-titik tertentu untuk mengatasi penyakit, termasuk nyeri pinggang.

  • Pijat
Ketika Anda mendengar operasi, bekam, atau akupuntur, mungkin Anda sudah ketakutan dan membayangkan metode pengobatan yang merepotkan. Bila Anda mengalami nyeri pinggang yang diakibatkan oleh kram atau otot kaku, ada cara mudah untuk mengatasinya, yaitu dengan cara dipijat. Cara ini sudah sangat umum dilakukan untuk mengatasi nyeri otot, termasuk sakit pinggang. Dengan melakukan pijatan, otot akan kembali rileks dan rasa nyeri pun hilang.

Terapi Herbal Alami Sebagai Obat Sakit Pinggang

Ketika pinggang mendadak terasa nyeri, orang biasanya akan langsung mencari obat yang bisa dikonsumsi langsung, baik dalam bentuk pil, kapsul, maupun puyer. Apalagi saat ini ada begitu banyak merk obat sakit pinggang yang beredar di pasaran. Namun bila Anda enggan untuk mengonsumsi obat-obatan seperti ini, Anda bisa menggunakan cara yang lebih tradisional dan alami untuk menghilangkan nyeri pinggang.
Umumnya, pengobatan tradisional seperti ini diperuntukkan bagi sakit pinggang yang diakibatkan oleh nyeri otot. Bila obat-obatan alami ini digunakan pada sakit pinggang yang disebabkan oleh 'syaraf terjepit' atau HNP, biasanya obat-obatan ini hanya berfungsi sebagai penghilang atau pereda rasa nyeri saja.

  • Daun sirsak
Obat sakit pinggang bisa dibuat sendiri dari daun sirsak. Caranya, ambil sekitar 20 lembar daun sirsak, lalu cuci hingga bersih. Daun-daun ini kemudian direbus dengan air sebanyak 4-5 gelas. Rebus hingga mendidih sampai jumlah air sedikit berkurang. Air rebusan inilah yang kemudian diminum sekali dalam sehari, baik diminum sebelum tidur malam.

  • Jahe merah
Tanaman rimpang memang terkenal khasiatnya sebagai obat-obatan. Jahe merah dan temu hitam bisa digunakan sebagai alternatif obat sakit pinggang. Caranya, siapkan jahe merah dan temu hitam, masing-masing sekitar 25 gram, tambahkan 30 gram daun dewa.
Bahan-bahan ini kemudian direbus dengan air sampai mendidih. Saring rebusan tersebut dan minum airnya selagi hangat. Jahe merah juga bisa digunakan untuk mengatasi nyeri pinggang dengan cara dioleskan. Siapkan jahe merah dan bawang putih secukupnya lalu diparut atau ditumbuk. Bila sudah hancur, oleskan ramuan tadi ke area pinggang yang sakit.

  • Daun alpukat
Mengatasi sakit pinggang juga bisa memanfaatkan daun alpukat. Siapkan 5-8 lembar daun alpukat. Cuci hingga bersih. Lalu rebus dengan air hingga mendidih. Bila sudah, air rebusan tadi diembunkan selama semalam dan minum keesokan harinya.
Obat sakit pinggang tradisional seperti yang sudah dijelaskan di atas umumnya tidak menimbulkan efek samping. Namun mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menyembuhkan rasa nyeri di pinggang Anda. Selain mengonsumsi obat, biasakan untuk selalu berolahraga, terutamastretching atau peregangan otot agar tubuh tidak kaku dan selalu sehat.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment