Nov 28, 2014

Lima Hal Wajib yang Harus Diperhatikan Sebelum Instal Ulang Windows 7

Bagi Anda pengguna komputer atau laptop, mungkin beberapa kali Anda harus menghadapi pilihan untuk melakukan instal ulang Windows 7. Misalnya saja ketika komputer Anda terkena virus, saat komputer berjalan lambat meski beberapa aplikasi telah di-uninstall atau sewaktu komputer sering sekali hang/ mendadak berhenti bekerja dengan tiba-tiba. Langkah instal ulang Windows 7 ini dilakukan agar komputer kembali berjalan dengan normal. Nah, agar proses instal ulang ini berjalan dengan lancar dengan hasil yang memuaskan, lakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa tips untuk mempersiapkan proses instal ulang Windows 7 yang penting untuk dilakukan.
Melakukan Backup Data Penting
Persiapan awal yang harus Anda lakukan sebelum instal ulang Windows 7 adalah melakukan backup data penting yang terdapat di komputer Anda. Pindahkan semua data tersebut ke komputer lain, harddisk eksternal atau ke dalam keping CD. Bila data yang tersimpan di komputer Anda terlalu banyak atau Anda tidak memiliki cukup waktu untuk memindahkan semua data, paling tidak pindahkanlah data yang tersimpan di drive yang dipakai sebagai lokasi instalasi Windows 7. Dalam hal ini umumnya lokasi instalasi Windows 7 berada di drive C. Di drive C ini biasanya data bisa Anda temukan di dalam folder-folder Libraries seperti folder Pictures, folder Documents dan juga di folder user seperti My Documents, Downloads dan beberapa folder lainnya.
Mempersiapkan Program Pendukung yang Diperlukan
Di komputer Anda tentu terdapat program-program pendukung seperti program untuk membuka file PDF, program pemutar file musik, program messenger, program pengolah foto dan program-program sejenis lainnya. Daftar program-program pendukung yang terdapat di komputer Anda bisa dilihat melalui Control Panel. Masuklah ke jendela Control Panel kemudian lihatlah di bagian All Control Panel Items > Program and Features.
Nah, program-program ini secara otomatis hilang begitu langkah instal ulang Windows 7 dilakukan. Untuk itu siapkanlah driver instalasi program-program ini sebelum langkah instal ulang dilakukan. Nantinya begitu proses instal ulang Windows 7 selesai dilakukan, Anda bisa langsung menginstal program-program pendukung tersebut agar komputer bisa secepatnya digunakan untuk beraktivitas kembali.
Mempersiapkan CD Driver Pendukung
Bila Anda masih ingat, ketika Anda membeli seperangkat komputer atau laptop maka Anda dibekali pula dengan keping CD driver pendukung. Nah, masihkah Anda menyimpannya? Dalam proses instal ulang Windows 7 ini, terkadang CD driver pendukung diperlukan walaupun dalam banyak kasus sistem Windows 7 sudah tidak lagi memerlukan CD driver ini. Misalnya saja ketika driver VGA tidak sesuai dan mengakibatkan resolusi layar tidak memuaskan, maka driver pendukung ini sangat diperlukan. Lantas bagaimana bila CD driver pendukung ini sudah hilang? Tak perlu kuatir, Anda bisa mendownload driver yang diperlukan melalui internet sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.
Mempersiapkan Perlengkapan untuk Instalasi
Pada langkah instal ulang Windows 7 ini Anda perlu menyiapkan media penyimpanan file installer Windows 7. Media penyimpanan ini bisa berupa keping DVD atau USB flash drive. Khusus untuk penggunaan USB flash drive, sebaiknya pilihlah USB flash drive dengan kapasitas paling tidak 4GB atau lebih. Selain itu Anda juga memerlukan aplikasi pendukung yang bernama Windows 7 USB DVD Download Tool. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk menyimpan file installer Windows 7 di USB flash drive. Jika perlengkapan ini telah disiapkan selanjutnya pilihlah versi Windows yang sesuai dengan spesifikasi komputer atau laptop Anda.
Mempersiapkan Jaringan Internet
Nantinya, setelah proses instal ulang Windows 7 selesai dilakukan, Anda membutuhkan jaringan internet yang dihubungkan dengan komputer atau laptop Anda. Koneksi internet ini sangat diperlukan untuk melakukan update antivirus dan juga update sistem Windows 7. Update antivirus dan sistem ini akan memberikan perlindungan bagi komputer atau laptop Anda terhadap serangan virus. Selain itu, update pada sistem juga membuat sistem komputer bekerja dengan lebih baik.
Kesimpulan
Nah, instal ulang Windows 7 sebenarnya bukanlah proses yang sulit dilakukan bila telah dipersiapkan dengan baik. Persiapan ini tidak hanya membuat proses instal ulang berjalan dengan lancar tetapi juga membuat komputer atau laptop siap digunakan kembali begitu langkah-langkah instal ulang selesai dilakukan. [MER]

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment